Sel surya : Struktur & Cara kerja

Sel surya atau juga sering disebut fotovoltaik adalah divais yang mampu mengkonversi langsung cahaya matahari menjadi listrik. Sel surya bisa disebut sebagai pemeran utama untuk memaksimalkan potensi sangat besar energi cahaya matahari yang sampai kebumi, walaupun selain dipergunakan untuk menghasilkan listrik, energi dari matahari juga bisa dimaksimalkan energi panasnya melalui sistem solar thermal.

Sel surya dapat dianalogikan sebagai divais dengan dua terminal atau sambungan, dimana saat kondisi gelap atau tidak cukup cahaya berfungsi seperti dioda, dan  saat disinari dengan cahaya matahari dapat menghasilkan tegangan. Ketika disinari, umumnya satu sel surya komersial menghasilkan tegangan dc sebesar 0,5 sampai 1 volt, dan arus short-circuit dalam skala  milliampere per cm2. Besar tegangan dan arus ini tidak cukup untuk berbagai aplikasi, sehingga umumnya sejumlah sel surya disusun secara seri membentuk modul surya. Satu modul surya biasanya terdiri dari 28-36 sel surya, dan total menghasilkan tegangan dc sebesar 12 V dalam kondisi penyinaran standar (Air Mass 1.5). Modul surya tersebut bisa digabungkan secara paralel atau seri untuk memperbesar total tegangan dan arus outputnya sesuai dengan daya yang dibutuhkan untuk aplikasi tertentu. Gambar dibawah menunjukan ilustrasi dari modul surya.

Modul surya biasanya terdiri dari 28-36 sel surya yang dirangkai seri untuk memperbesar total daya output. (Gambar :”The Physics of Solar Cell”, Jenny Nelson)

Struktur Sel Surya

Sesuai dengan perkembangan sains&teknologi, jenis-jenis teknologi sel surya pun berkembang dengan berbagai inovasi. Ada yang disebut sel surya generasi satu, dua, tiga dan empat, dengan struktur atau bagian-bagian penyusun sel yang berbeda pula (Jenis-jenis teknologi surya akan dibahas di tulisan “Sel Surya : Jenis-jenis teknologi”). Dalam tulisan ini akan dibahas struktur dan cara kerja dari sel surya yang umum berada dipasaran saat ini yaitu sel surya berbasis material silikon yang juga secara umum mencakup struktur dan cara kerja sel surya generasi pertama (sel surya silikon) dan kedua (thin film/lapisan tipis).

Struktur dari sel surya komersial yang menggunakan material silikon sebagai semikonduktor. (Gambar:HowStuffWorks)

Gambar diatas  menunjukan ilustrasi sel surya dan juga bagian-bagiannya. Secara umum terdiri dari :

1. Substrat/Metal backing

Substrat adalah material yang menopang seluruh komponen sel surya. Material substrat juga harus mempunyai konduktifitas listrik yang baik karena juga berfungsi sebagai kontak terminal positif sel surya, sehinga umumnya digunakan material metal atau logam seperti aluminium atau molybdenum. Untuk  sel surya dye-sensitized  (DSSC) dan sel surya organik, substrat juga berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya sehingga material yang digunakan yaitu material yang konduktif tapi juga transparan sepertii ndium tin oxide (ITO) dan flourine doped tin oxide (FTO).

2. Material semikonduktor

Material semikonduktor merupakan bagian inti dari sel surya yang biasanya mempunyai tebal sampai beberapa ratus mikrometer untuk sel surya generasi pertama (silikon), dan 1-3 mikrometer untuk sel surya lapisan tipis. Material semikonduktor inilah yang berfungsi menyerap cahaya dari sinar matahari. Untuk kasus gambar diatas, semikonduktor yang digunakan adalah material silikon, yang umum diaplikasikan di industri elektronik. Sedangkan untuk sel surya lapisan tipis, material semikonduktor yang umum digunakan dan telah masuk pasaran yaitu contohnya material Cu(In,Ga)(S,Se)(CIGS), CdTe (kadmium telluride), dan amorphous silikon, disamping material-material semikonduktor potensial lain yang dalam sedang dalam penelitian intensif seperti Cu2ZnSn(S,Se)(CZTS) dan Cu2O (copper oxide).

Bagian semikonduktor tersebut terdiri dari junction atau gabungan dari dua material semikonduktor yaitu semikonduktor tipe-p (material-material yang disebutkan diatas) dan  tipe-n (silikon tipe-n, CdS,dll)  yang membentuk p-n junction. P-n junction ini menjadi kunci dari prinsip kerja sel surya. Pengertian semikonduktor tipe-p, tipe-n, dan juga prinsip p-n junction dan sel  surya akan dibahas dibagian “cara kerja sel surya”.

3. Kontak metal / contact grid

Selain substrat sebagai kontak positif, diatas sebagian material semikonduktor biasanya dilapiskan material metal atau material konduktif transparan sebagai kontak negatif.

4.Lapisan antireflektif

Refleksi cahaya harus diminimalisir agar mengoptimalkan cahaya yang terserap oleh semikonduktor. Oleh karena itu biasanya sel surya dilapisi oleh lapisan anti-refleksi. Material anti-refleksi ini adalah lapisan tipis material dengan besar indeks refraktif optik antara semikonduktor dan udara yang menyebabkan cahaya dibelokkan ke arah semikonduktor sehingga meminimumkan cahaya yang dipantulkan kembali.

5.Enkapsulasi / cover glass

Bagian ini berfungsi sebagai enkapsulasi untuk melindungi modul surya dari hujan atau kotoran.

Cara kerja sel surya

Sel surya konvensional bekerja menggunakan prinsip p-n junction, yaitu junction antara semikonduktor tipe-p dan tipe-n. Semikonduktor ini terdiri dari ikatan-ikatan atom yang dimana terdapat elektron sebagai penyusun dasar.  Semikonduktor tipe-n mempunyai kelebihan elektron (muatan negatif)  sedangkan semikonduktor tipe-p mempunyai kelebihan hole (muatan positif) dalam struktur atomnya.  Kondisi kelebihan elektron dan hole tersebut bisa terjadi dengan mendoping material dengan atom dopant. Sebagai contoh untuk mendapatkan material silikon tipe-p, silikon didoping oleh atom boron, sedangkan untuk mendapatkan material silikon tipe-n, silikon didoping oleh atom fosfor. Ilustrasi dibawah menggambarkan junction semikonduktor tipe-p dan tipe-n.

Junction antara semikonduktor tipe-p (kelebihan hole) dan tipe-n (kelebihan elektron). (Gambar : eere.energy.gov)

 Peran dari p-n junction ini adalah untuk membentuk medan listrik sehingga elektron (dan hole) bisa diekstrak oleh material kontak untuk menghasilkan listrik. Ketika semikonduktor tipe-p dan tipe-n terkontak, maka kelebihan elektron akan bergerak dari semikonduktor tipe-n ke tipe-p sehingga membentuk kutub positif pada semikonduktor tipe-n, dan sebaliknya kutub negatif pada  semikonduktor tipe-p. Akibat dari aliran elektron dan hole ini maka terbentuk medan listrik yang mana  ketika cahaya matahari mengenai susuna p-n junction ini maka akan mendorong elektron bergerak dari semikonduktor menuju kontak negatif, yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai listrik, dan sebaliknya hole bergerak menuju kontak positif menunggu elektron datang, seperti diilustrasikan pada gambar dibawah.

Ilustrasi cara kerja sel surya dengan prinsip p-n junction. (Gambar : sun-nrg.org)

*Definisi dari istilah-istilah teknis diartikel ini bisa ditemukan di menu “Daftar istilah-istilah”


  1. apakah solar cell ada yng lebih sederhana ?? yng bisa di buat sendiri ??

    makasih …

    • secara umum sel surya yg sudah komersil sekarang hampir tidak mungkin dibuat sendiri dengan perlengkapan yg ada disekitar karena rata2 membutuhkan alat yg bekerja di kondisi vakum untuk membuat sebagian partnya dan juga bahannya yg tidak mudah didapat

      namun kalau hanya ingin sekedar ingin tau atau demonstrasi saja bagaimana efek sel surya itu bsa coba dilihat di link berikut http://algol.fis.uc.pt/forum/cel2.pdf
      disitu ada macam2 demonstrasi efek sel surya yg bisa dilakukan dgn bahan2 yg ada di skitar

      semoga membantu

  2. Bagus juga nih pak informasinya buat nambah wawasan sy …

    oia pak,,jgn lupa kunjungi blog sy y pak .. terimakasih
    http://solarpanelindonesia.wordpress.com

    • Terima kasih Pak kunjungannya

      Saya jga brusan surfing blog bapak. CV Cahaya teknik berkecimpung di instalasi saja atau juga distribusi Pak?

    • pak mau tanya tentang apa saja yang terkandung dalam lapisa tipis SiO2 dan ZnO apabila dianalisis menggunakan SEM.
      email saya inonx39snongaja@yahoo.com
      mohon bantuan dan ilmunya pak untuk dibagikan
      aplikasinya untuk sel surya

      • Maksudnya kandungan seperti apa ya?
        Kalau analisis SEM itu lebih ke analisa visual dari morfologi atau struktur lapisan tipis tersebut. Umumnya informasi yang bisa didapat berupa ketebalan lapisan tipis (apabila dilihat dri penampang samping), ukuran partikel atau grain, bentuk dari partikel atau grain, kehomogenan material tersebut, dll. Kemurnian material tesebut juga terkadang bisa terlihat apabila ada bentuk partikel yg berbeda dari yg umumnya terlihat atau juga dari perbedaan kontras di gambar SEM tersebut.
        Silakan kontak lgsg email saya saja kalau ingin bertanya lebih lanjut.

  3. halo teknologi surya sy mau menanyakan mengenai proinsip kerja dari thin film cigs ?
    kalo yang silikon kan berupa semikonduktor yang berbahan pasir silokn yang apabila terpapar cahaya matahari akan menghasilkan sebagian kecil lisrik yang di sebt efekfotolistrik.
    yang saya mau tanyakan thin film cigs sendiri seperti apa ?
    terimakasih.

    • pada dasarnya prinsip kerja sel surya silikon dan thin film (CIGS atau CdTe) sama, yaitu berdasarkan p-n junction. Bedanya kalau di silikon junctionnya itu homojunction artinya material semikonduktor tipe p dan tipe n nya menggunakan material yang sama, untuk kasus silikon didoping boron untuk mendapatkan tipe-p dan didoping phospor untuk tipe-n.
      Untuk di CIGS/CdTe p-n junctionnya adalah heterojunction artinya menggunakan material yg berbeda. Tipe p nya CIGS dan tidak memerlukan doping krena secara alami sudah tipe p, dan untuk tipe n nya biasanya CdS

      Bgitu mungkin Pak Rian

      • terimakasih jawabannya pak, kalo saya boleh bertanya lagi pak. mengenai thin-film yang jenis amorphus silikon apakah sama prinsip kerjanya dengan sel surya silikon, yang untuk mendapatkan tipe p maka didoping oleh boron, dan untuk tipen n didoping oleh phospor ?

      • terimakasih jawabannya pak, kalo saya boleh bertanya lagi pak. mengenai thin-film yang jenis amorphus silikon apakah sama prinsip kerjanya dengan sel surya silikon, yang untuk mendapatkan tipe p maka didoping oleh boron, dan untuk tipen n didoping oleh phospor ?

      • Untuk amorphous silikon, proses dopingnya pada dasarnya menggunakan element yang sama untuk tipe p dan n. Namun krena ketidakteraturan struktur kristalnya (amorphous), terdapat atom Silikon yang tidak berikatan, dan apabila tidak dilakukan treatment apa2 akan menjadi trap terhadap elektron yang dibangkitkan sehingga tidak efektif. Sehingga biasanya ditreatment dulu dengan hidrogen yang nama istilahnya hydrogenation untuk mengikatkan atom hidrogen dengan Silikon itu, biasanya prosesnya jga disebut passivation, setelah itu bru didoping.

        Struktur sel surya memakai amorphous silikon juga umumnya bukan p-n junction, tpi p-i-n junction, krena kurang efektifnya transport muatannya (elektron dan hole) kalau hanya p-n junction. i itu intrinsic amorphous silicon, tanpa doping, tujuannya untuk memperbesar medan listrik di junctionnya itu.

        Mudah2an tercerahkan Pak Rian

  4. terimakasih pak jawabanya, ini sangat membantu saya pak..
    sukses buat #Teknologi surya

  5. pak maaf saya boleh minta alamat emailnya pak ?

  6. Halo Teknologisurya..
    Saya ingin membuat tugas skripsi tentang Organic Photovoltaic, yaitu mengganti silicon dengan ekstrak klorofil dari daun jarak pagar dan daun pepaya.
    Katakan saya sudah mendapat ekstrak klorofil tsb, kemudian bagaimana saya bisa mendapatkan atau membuat tipe-n dan tipe-p sehingga dapat menghasilkan arus listrik?
    Mohon bantuannya pak, Terima kasih.

  7. kalo mau ambil refrensi nya dari mana pak?

    • kalau untuk artikelnya dari berbagai sumber..namun secara umum sy selalu merujuk textbook Jenny Nelson “The Physics of Solar Cells”. Kalau untuk ilustrasi2nya saya ambil yang relevan dari beberapa web, nama webnya tercantum di caption masing2 gambar

  8. kalau pengen mendesain panel surya perhitungan apa saja yang diperlukan pak.
    mohon bantuannya

  9. kalau pengen mendesain panel surya perhitungan apa saja yang diperlukan pak.
    mohon bantuannya

    • Kebetulan saya bukan ahli instalasi panel surya Mas Risky namun artikel disitus ini http://www.leonics.com/support/article2_12j/articles2_12j_en.php menjelaskan dengan sangat baik perhitungan yang dibutuhkan untuk desain panel surya.

      Secara umum kalkulasi yang dibutuhkan yaitu
      1. Jumlah daya yang dibutuhkan dari perangkat listrik dirumah
      2. JUmlah panel surya termasuk spesifikasi Watt peak panel surya tersebut
      3. Kapasitas inverter untuk mengkonversi DC dari panel ke AC ke perangkat
      4. Kapasitas baterai untuk menyimpasn listrik dri panel
      5. Kapasitas kontroler arus dari panel ke baterai

      Silakan dibaca saja artikelnya Mas Risky, kalau ada yg perlu ditanyakan lagi silakan saja..japri ke email pribadi sy jga boleh

  10. Maaf pak, artikel anda ini pernah dijadikan makalah atau jurnal gak pak? isi artikelnya bagus pak untuk referensi..

  11. mohon kirim konfigurasi umum dengan daya output 5 KVA

  12. Ada komponen yg lebih sederhana yg bisa dibuat sendiri dg biaya murah?

    • berikut sy kopikan jwbn sy atas pertanyaan dari pertanyaan yg serupa

      sel surya yg sudah komersil sekarang hampir tidak mungkin dibuat sendiri dengan perlengkapan yg ada disekitar karena rata2 membutuhkan alat yg bekerja di kondisi vakum untuk membuat sebagian partnya dan juga bahan2 chemicalnya yg tidak mudah didapat

      namun kalau hanya ingin sekedar ingin tau atau demonstrasi saja bagaimana efek sel surya itu bsa coba dilihat di link berikut http://algol.fis.uc.pt/forum/cel2.pdf
      disitu ada macam2 demonstrasi efek sel surya yg bisa dilakukan dgn bahan2 yg ada di skitar

      semoga membantu

  13. bapak boleh teknologi, boleh saya juga minta ulasan yang bapak brikan sama pak Dody tentang sel surya dari bahan organik…

  14. oh iya, saya dari kalimantan selatan, sya sangat ingin menjadi distributor sel surya di kalimantan, dan juga sya punya cita-cita, atap rumah sya nantinya dari sel surya…hehehehe…curcol…maaf ya…

  15. amin ya rabb….
    japri itu apa mas….????

  16. assalam mualaikum. pak saya mau nanya tentang tugas akhir saya. peninkatan kapsitas charging battery dengan panel surya. saya disarankan meningkatkan efisiensi keluaran dari panel surya, tapi saya banyak searching pada menggunakan MPPT ( max power point track ). apa ada teknik lain untuk meningkatkan efisiensi charging baterai pak ? mohon pencerahannya makasih..

  17. untuk kepentingan rumah tangga, memasak n penerangan lampu biasanya butuh brp kekuatanya ya ?

  18. atu modul surya biasanya terdiri dari 28-36 sel surya, dan total menghasilkan tegangan dc sebesar 12 V dalam kondisi penyinaran standar (Air Mass 1.5).
    gan maksud dari air mass 1.5 itu apa yah.???

  19. Pak, saya mau tanya semisal kita mau membuat panel surya untuk keperluan sendiri bukan untuk komersil, saran bapak apa saja bahan yg saya butuhkan(kalau bisa bahan yg ekonomis dan gampang dicari hehe) dan saya minta prosedur cara pembuatannya versi bapak sendiri. Terima kasih.

    • sel surya yg sudah komersil sekarang hampir tidak mungkin dibuat sendiri dengan perlengkapan yg ada disekitar karena rata2 membutuhkan alat yg bekerja di kondisi vakum

      namun kalau hanya ingin sekedar ingin demonstrasi saja bagaimana efek sel surya itu bsa coba dilihat di link berikut http://algol.fis.uc.pt/forum/cel2.pdf
      disitu ada macam2 demonstrasi efek sel surya yg bisa dilakukan dgn bahan2 yg ada di skitar

  20. Pak saya mau tanya kalo beli solar cell yang udh ada dipasaran itu udh termasuk semuanya ya ? (panel,inverter,controler dan baterenya) dan apakah solar cell cuma bisa bekerja pada saat ada matahari (kalo kedaan berawan bagaimana ?) dan apakah dr sumber cahya lain bisa misal lampu dirumah (sama gak kayak kalkulator dagang yang ada solar panelnya itu ?)

    • setau saya apabila membeli dipasaran untuk aplikasi rumahan, biasanya semuanya sepaket karena semua komponennya saling membutuhkan.

      Solar cell bisa berkerja pada keadaan berawan atau memakai lampu namun tidak seefisien ketika keadaan terik karena intensitas/daya input dari sinar mataharinya berkurang. Selain itu untuk yang memakai lampu, spektrum lampu juga berbeda dgn spektrum sinar matahari.

  21. oh ngono tha yo bah………..!

  22. Salam kenal Bapak, saya miswandi, dari sumatera barat. rencana saya tahun depan mau bangun rumah, sedang saja besarnya. punya ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur + 3 k. tidur dan 3 KM/WC, ada teras juga yang perlu penerangan malam. kalau saya ingin menggunakan listrik tenaga surya, itu kebutuhan nya berapa paket itu pak? dan harga 1 paket panel surya kira2 berapa ya Pak? terima kasih atas jawababnya.

    • Salam kenal Pak Miswandi.
      Untuk kebutuhan modul surya di rumah Pak Miswandi, saya tidak bisa mengestimasinya, karena kbutuhannya tergantung dari total watt yang dibutuhkan. Jadi mungkin Pak Miswandi bisa mengkalkulasikan terlebih dahulu total watt/kWh yang dibutuhkan untuk semua perangkat dirumah tersebut, kemudian dicocokan dgn distributor modul suryanya.
      Artikel ini bisa membantu http://solarsuryaindonesia.com/tenaga-surya

  23. Sebelum trimakasih atas artikelnya,, saya sekarang berencana menyusun skripsi, ada keinginan mengambil tentang panel surya,, ada masukan kira2 utk sata kerjakan???

  24. Prinsip dasar sollar cell itu apa ??

  25. kalo bisa tanyak pak… ada ngak standart untuk pemasangan antara panel surya dengan batrainya, misalnya panel 100 wp otu kita pake batrainya yang kekmana pak…?.. tolong pak penjelasannya..? trimakasih pak.

  26. Pak, maaf saya ingin bertanya karena bapak telah melakukan penelitian terkait DSSC. Kebetulan saya juga akan melakukan penelitian mengenai DSSC, dan saat ini saya sulit untuk menemukan supplier kaca konduktif. Yang baru saya temukan hanyalah dari solaronix di swiss sehingga ongkosnya saja cukup mahal.Untuk itu saya ingin menanyakan tempat bapak memperoleh kaca konduktif untuk penelitian DSSC bapak. Saya akan sangat terbantu jika bapak memberi tahu dimana mendapatkan kaca konduktif tersebut. Terima kasih.

    • Maaf mas Syuga bru membalas pesannya, mudah2an sudah ketemu solusi kaca konduktifnya🙂 Dengar2 lebih mudah sekarang beli di Indo walau harus lewat singapura jdi agak lama sampainya. Saya dulu di Jepang pesan lewat Sigma Aldrich. Atau alternatif lain mungkin bisa beli dari Alibaba

  27. Terimakasih atas tulisanya.sangat membantu dlm pengetahuan sell surya

  28. pak saya mau bertanya tentang sel surya, yang apabila sel surya di seri menjadi 28 – 36 sel tegangan yang dihasilkan menjadi 12 v. rumus menentukan dia menjadi 12 v ada gak pak?
    mohon bantuannya . terimakasih

    • Maaf baru membalas pesannya sekarang. Sebenarnya 12 V itu bukan operating voltage dari modul surya tersebut. Tetapi nominal yang dituliskan kalau PV tersebut digunakan untuk mencharging 12 V baterai. Maximum voltagenya sebenarnya kurang lebih 0,5 V (voltage per sel surya) x 36 = 18 V (kurang lebih). Tapi karena loss dari temperatur misalnya maka sebenarnya operating voltagenya lbih kecil dari itu nmun cukup untuk mencharge 12 V baterai.

  29. pak saya mau bertanya tentang sel surya, yang apabila sel surya di seri menjadi 28 – 36 sel tegangan yang dihasilkan menjadi 12 v. rumus menentukan dia menjadi 12 v ada gak pak?
    mohon bantuannya . terimakasih

  30. Pak saya menemukan material utk bahan solar cell,bentuknya batuan silikon hitam pekat,kristal keras,tembus cahaya bila diliat jarak dekat dengan senter.saya coba jemur,dan saya coba rangkai seperti batere lithium dan ternyata mengeluarkan tegangan…klo mau mengembangkan,mari bersama2 saya tunjukkan tambangnya…mari lakukan riset utk bersama.

  31. Bagus sekali!!!!!saya suka♡♡♡♡♡♡♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

  32. pak saya mau tanya sel surya berkapasitas berapa wp pak ?

  33. Pa apakah sel surya dapat di pakai sebagai pengganti baterai ponsel, kl bisa kenapa sy belum dapat menemukan di pasaran, jika tidak apa yang mendasari tidak di producksi untuk berbagai kebutuhan…..?

  34. Terima kasih infonya. Saya juga mau sharing tentang 100 alasan mengapa kita harus menggunakan solar panel. Please visit http://janaloka.com/100-alasan-menggunakan-panel-surya/

  35. Misi pak.. harga permodul panel itu brpa ya ? Mksih

  36. saya ingin bertanya, saya kebetulan ingin skripsi mengenai pembuata material sel surya perovskite. tapi saya masih aga bingung dengan metodenya? selain itu apa yang memberdakan antara perovskite dengan dssc?tks

    • Bingungnya di bagian mana?Saya rasa sekarang banyk sekali publikasi dan artikel review mengenai pembuatan perovskite solar cell dgn berbagai modifikasi, coba saja ketik perovskite solar cell di google scholar. Kalau kesulitan akses saya bisa bantu, silakan krim linknya saja ke email pribadi saya.

      Perovskite solar cell sbenarnya pengembangan dari DSSC. Coba klik kliping sy ttg perovskite utk gambaran perbedaannya https://teknologisurya.wordpress.com/tag/perovskite/ .
      Secara umum perovskite itu jenis solid-state dari DSSC, dimana dye sbagai penyerap cahaya digantikan dgn material perovskite dan bagian elektrolitnya digantikan oleh mateiral pentrasport hole dari polymer atau organik molekul.

  37. pak saya mau bertanya,,,
    dalam penilitian saya berencana akan menggunakan kaca FTO,,
    apakah bapak tahu dimana saya dapat membeli kaca FTO yang sudah jadi pak,,
    mohon bantuannya pak,,
    terimakasih,,

    • Saya pernah dengar dari seseorang di Fisika ITB kalau Asahi Glass menjual FTO jadi di Indonesia, mungkin mba Nora bisa cari2. Saya kurang tau lbih krena dulu sy memakai kaca TCO yg langsung dibawa dari Jepang

  38. Mau tanya pa kalau di Tangerang bisa beli dimana sel suryanya , trim

  39. pak daftar pustaka bapak darimana ???

  40. Pak terima kasih sebelumnya atas tulisan tentang energi suryanya yang sangat informatif.
    menurut bapak tantangan energi ini diterapkan secara masif di Indonesia apa ya ? bisa diceritakan pak ?

    • menurut saya pertama apakah pemanfaatan energi surya dalam skala masif masuk atau tidak dalam prioritas kebijakan negara atau roadmap energi kita. Utk mewujudkan energi terbarukan secara massal menurut harus ada ambisi besar dari negara itu.Negara2 yg punya success story di energi surya seperti jerman, jepang, spanyol dll mulai dari road map yg terkesan ambisius tapi hrus dimulai dari situ untuk memicu industri, penelitian yg lbih aktif krena itu berkaitan dengan kebijakan dan stimulus fiskal.

  41. Kurang spesifik dan kurang singkat

  42. teknologi surya maafkan jika pertanyaan saya kurang spesifik,
    saya mau tanya apakah dalam pemasangan sel tersebut sudah terdapat penyimpan listrik atau belum, jika belum apakah harus menyediakan sendiri, dan biasanya apa yang dipakai dan berapa besar kapasitas penyimpanannya ??

    terima kasih

  43. uraikan cara kerja lampu yang berenergi matahari

  44. Luar biasa ilmunya mas..saya mau tanya kalau untuk rumah sederhana yg saya tinggalkan mau saya ganti ke panel surya kebutuhannya sekitar 2200 watt, investasi untuk panel surya dan perangkatnya berapa ya? boleh dong infonya mas

    • Terima kasih kunjungannya. Namun mohon maaf saya kurang tau detailnya untuk segi finansial pemasangan di Indonesia karena saat ini sy mendalami dari sisi saintifiknya. Tapi saya coba search di google ada lumayan banyak keluar info untuk harga pemsangan di Indonesia, mungkin bisa coba kontak mreka Pak.

  45. saya mw taya .kira2 klw menggunakan cahaya lampu dgn pemodelan pantulan lewat cermin panel surya bisa tidak merubah cahaya lampu menjadi energi mesti kemungkinan sedeikit dalam hitungan jam .tolong di balas

    • Panel surya mungkin bisa mengeluarkan arus dgn cahaya lampu tapi sangat kecil. Itu dikarenakan spektrum cahay lampu berbeda dgn spektrum sinar matahari termasuk jga intensitasnya.

  46. Pak Wilman Septina, mohon review blog saya, ada yang kurang barangkali? terima kasih

    http://gudangpanelsurya.blogspot.co.id/

  47. muhammad luqmanul hakim

    ada lowongan pekerjaan kelistrikan ? saya baru lulus di smkn 2 jember jurusan pembangkit tenaga listrik. ini no saya 089639292091

  48. Jual ITO Glass

    Spesifikasi ITO Glass Transparant:
    1. pembelian dalam bentuk 1 packing atau eceran/lembar
    2. 1 packing berisi 10 lembar dengan ukuran 10 x 10 cm
    3. Transparansi 86 %
    4. Resistansi 30-40 ohm
    5. ketebalan 1.1 mm
    6. harga 1 packing 6.000.000
    7. harga 1 lembar ukuran 10 x 10 cm 630.000

    Beberapa Aplikasi Penggunaan ITO Glass Transparant :

    1. Display Technology
    2. Transparent ITO-Electrode
    3. ITO-Coated microscope slide
    4. Circuit Substrate
    5. Micro Structuring Application
    6. Transparent EMF/EMI/EMC/RFI/HF shielding glass
    7. Flat Antennas for mobile communication
    8. Conducting glass slide for research
    9. De-icing Application
    10. Heatable ITO slides & cover slips
    11. ITO-coated glass plate
    12. solar cell, fuel cell, DSSC

    Hubungi: 08121762530

  49. Jual ITO Glass

    Spesifikasi ITO Glass Transparant:
    1. pembelian dalam bentuk 1 packing atau eceran/lembar
    2. 1 packing berisi 10 lembar dengan ukuran 10 x 10 cm
    3. Transparansi 86 %
    4. Resistansi 30-40 ohm
    5. ketebalan 1.1 mm
    6. harga 1 packing 6.000.000
    7. harga 1 lembar ukuran 10 x 10 cm 630.000

    Beberapa Aplikasi Penggunaan ITO Glass Transparant :

    1. Display Technology
    2. Transparent ITO-Electrode
    3. ITO-Coated microscope slide
    4. Circuit Substrate
    5. Micro Structuring Application
    6. Transparent EMF/EMI/EMC/RFI/HF shielding glass
    7. Flat Antennas for mobile communication
    8. Conducting glass slide for research
    9. De-icing Application
    10. Heatable ITO slides & cover slips
    11. ITO-coated glass plate
    12. solar cell, fuel cell, DSSC

    Hubungi: 08121762530

  50. Apa kah dengan mengunakan panel sulya tidak ada dampak negatif dari penyerapan dengan skala yang besar yang saya maksudkan adalah efek dari sinar yang akan langsung masuk ke bumi

  51. pak bagaimana meningkatkn thermal output ataupun electrical outpit pada sel surya pak?

  52. Apakah bisa di pakai di hp

  53. sy seorang pekerja di perbengkelan dngan spesialisasi dinamo.sy ingin sekali berbisnis di internet.belum ketemu jlannya.kl bisa sesuai dengan keahlian sy.tk dinamo.

  54. Pak kalo solar cell dihubungkan paralel apakah tegangan yg keluar jga akan bertambah?

  55. Saya mau tanyak pak, jika seumpama cuaca lagi mendung dan matahari di tutupi awan ,apa panel surya akan bekerja maksimal , lalu juka orang yang memakai panel surya di rmh nya bagaimana dia mncari aliran lintrik pada malam hari ?

    • Kalau cuaca mendung output modul suryanya akan berkurang krena intensitas cahaya mataharinya berkurang dan malam hari tidak bekerja karena tidak ada input sinar matahari. Oleh karena itu modul surya umumnya dilengkapi dengan storage listrik sperti baterai sehingga kelebihan listrik dari modul surya yang tersimpan di baterai pada siang hari bisa digunakan untuk keperluan listrik pada malam hari

      • pak saya membuat tugas akhir dengan judul pengganti energi sepeda motor cas menjadi bertenaga surya. yang saya tanyakan panel surya yang ukurannya berapa yang dayanya bisa di tampung di aki sepedanya??

  56. Nasywa divi anstasia

    Aku bingungggg tolong diperjelas ya

  57. Selamat pagi, saya mahasiswi arsitektur. Saya ingin bertanya, jika solar panel tidak menerima cahaya matahari secara langsung apakah masih bisa bekerja secara optimal? Maksudnya cahaya matahari yang diterima solar panel merupakan refleksi/ pantulan dari medium lain (misal, kaca). Jika ada sumber lain yang bisa dibagi saya akan sangat berterima kasih.

    • Apabila solar panel tidak menerima cahaya langsung performansinya tidak akan seoptimal apabila cahaya langsung karena yang dikonversi ke listrik adalah jumlah photon atau bahasa umumnya intensitas cahaya matahari. Namun tergantung juga fungsi kaca yg dimaksud, apakah sebagai concentrator sehinga intensitas cahaya lebih tinggi atau refleksi dari kaca bangunan. Kondisi optimal adalah diruang terbuka

      • Terima kasih atas penjelasannya. Berarti kalau saya simpulkan, bisa saja, jika kaca sebagai reflektor berfungsi untuk memfokuskan cahaya sehingga intensitas cahayanya lebih tinggi. Performa solar panel ditentukan oleh besar kecilnya intensitas cahaya.

      • Ya, tapi ada batas saturasinya sampai berapa tinggi intensitas cahaya beneficial ke performansi. Intensitas cahaya salah satu faktor yg menentukan, sudut datang cahaya faktor yg lain. Oleh karena itu ada komponen antireflection atau juga solar tracker. Mgkn mba Ainiyah bisa baca2 ttg concentrator solar cell untuk belajar lebih dalam

  58. dari manah untuk mendapatkan struktur diagram gamabr perlakuan sinar matahari terhadap solar cell,,,buat reverewn si tygas akhir

  59. berapa peratus cahaya matahari bisa diserap didalam panel solar?

  1. Ping-balik: Teknologi Baru Dalam Pembangunan, Tenaga Surya | ridhodarmawan

  2. Ping-balik: MAKALAH KONVERSI ENERGI : PANEL SURYA | aisyahnyayu

  3. Ping-balik: Struktur dan Cara Kerja Sel Surya | StellaApriani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: