Heliatek berhasil mengembangkan sel surya tandem organik dengan effisiensi tertinggi 10.7%


Heliatek, perusahaan fotovoltaik yang berbasis di German, berhasil mengembangkan sel surya organik dengan efisiensi tertinggi didunia saat ini 10.7%. 

Menurut Heliatek, kunci dari peningkatan efisiensi dari sel surya organik ini yaitu penggunaan oligomer, yaitu sejumlah unit kecil dari monomer berbeda dengan polimer yang mengandung polimer yang tak terbatas, yang disintesis dilab Heliatek . Heliatek juga perusahaan pertama didunia yang menggunakan deposisi vakum oligomers pada temperature rendah untuk proses manufaktur roll-to-roll (gulungan substrat). Rekor sel surya ini menggunakan jenis tandem dimana menggunakan dua material berbeda sebagai penyerap cahaya dengan karakteristik peneyerapan panjang gelombang cahaya yang berbeda. Efisiensi tertinggi tersebut didapatkan dengan luas area sel surya sebesar 1.1 cm2, dan saat ini Heliatek sedang mengembangkan perluasan teknologi ini ke tahap massal.

Generasi Teknologi Fotovotaik. Heliatek fokus pada pengembangan fotovoltaik generasi ketiga (Organik). (Gambar : Heliatek.com)

*Sumber : http://www.heliatek.com


Posted on Mei 1, 2012, in Berita Industri, Berita Teknologi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: