Silevo meluncurkan teknologi baru sel surya silikon hibrid yang kompetitif dengan sel surya konvensional

Silevo, perusahaan produsen modul fotovoltaik yang berlokasi di Amerika, baru-baru ini meluncurkan modul surya yang diklaim mempunyai rasio performansi terhadap biaya terbaik di industri saat ini, dengan mengoptimalkan penggunaan material silikon dengan terobosan teknologi baru.

Teknologi Silevo yang disebut Triex, memaksimalkan fotovoltaik berbasis silikon dengan teknologi hibrid nya mengkombinasikan tiga material yang berbeda yaitu substrat kristal silikon tipe-n, lapisan tipis sebagai passivation layer, dan lapisan semikonduktor tunneling oxide, semua dalam satu modul.Kombinasi dari lapisan tunneling oxide yang umum digunakan di industri semikonduktor dan passivation layer, menghasilkan divais dengan trap density pada permukaan yang sangat rendah.  Hal tersebut merupakan kunci dari kualitas junction yang baik dan juga tegangan open-circuit (Voc) yang tinggi dari modul surya ini.

Dengan terpobosan baru melalui struktur “tunneling junction”nya, ketiga material tersebut secara bersamaan menghasilkan modul Triex dengan efisiensi yang tinggi dan harga yang kompetitif, sehingga menawarkan modul dengan harga terhadap performansi yang terbaik di industri saat ini, seperti diklaim oleh Silivo.

 

Struktur sel surya hibrid (Triex) dari Silevo. (Gambar : Hak Cipta Silevo)

 

Teknologi Triex ini juga menghilangkan penggunaan pasta perak yang umunya digunakan sebagai elektroda pada sel surya silikon konvensional. Perak merupakan material termahal kedua pada modul surya konvensional setelah material silikonnya sendiri. Sbegai pengganti perak, Silevo menggunakan metal tembaga dengan resistansi rendah. Penggunaan tembaga ini menghindari isu naiknya harga perak dipasaran, disamping memaksimalkan keuntungan tembaga dalam hal harganya yang lebih murah sehingga menurunkan total biaya produksi.

Sel Surya Silevo yang menggunakan tembaga sebagai kontak sebagai pengganti perak. (Gambar : Silivo)

 

Sel surya tersebut mempunyai efisiensi 20-21%, dengan potensi sampai 24%, yang telah divalidasi oleh Sandia National Lab. Harga produksinya pun kompetitif dengan sel surya kristal silikon yang memimpin dipasaran saat ini milik SunPower dengan efisiensi 22%. Ditargetkan bahwa pada tahun 2014 harga produksi bisa kurang dari $0.70/Wp.

 

*Sumber : Silevo&gigaom

*Definisi dari istilah-istilah teknis diartikel ini bisa ditemukan di menu “Daftar istilah-istilah”

 

Posted on Oktober 18, 2011, in Berita Industri, Berita Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: