Saudi Aramco dan Showa Shell berencana bekerja sama memproduksi sel surya di Saudi Arabia

Chief eksekutif Saudi Aramco, Khalid Al-Falih, bertujuan untuk memulai produksi sel surya di Saudi Arabia dalam dua atau tiga tahun ini melalui kerjasama dengan produsel sel surya thin film (lapisan tipis) dari Jepang Showa Shell Sekiyu KK, seperti dilaporkan koran bisnis jepang Nikkei.

Jika Aramco berrhasil memperkenalkan teknologi milik Showa Shell ke Saudi Arabia, hal tersebut dapat berkontribusi besar terhadap sasaran utama negara Saudi Arabia dalam diversifikasi industri, ujar beliau seperti dikutip di koran tersebut dalam suatu wawancara.

Saudi Arabia, salah satu eksporter terbesar minyak bumi didunia, berharap untuk mengurangi penggunaan dari energi fosil, yang lebih diutamakan untuk diekspor, dengan membangun pabrik nuklir dan energi terbarukan.

Pada 2009, Aramco dan Showa Shell menandatangani perjanjian untuk membuat fasilitas pembangkit surya berskala kecil , dan Showa Shell dan Saudi Electricity Co. (SEC) tahun ini membuka pembangkit energi surya 500 kilowatt (kW) di Saudi Arabia.

Pembangkit energi surya pertama di Saudi Arabia di daerah Farasan dibuka tahun ini dengan kapasitas sekitar 500 kW. (Gambar : arabnews.com)

Spesialisasi Showa Shell adalah dalam sel surya terbuat dari copper (tembaga), indium, dan selenium. Material ini tidak seefisien sel surya yang terbuat dari silikon dalam mengkonversi cahaya menjadi listrik namun lebih murah, poin yang akan menjadi kunci di masa depan.

 

*Sumber : Reuters dan arabnews.com

 

Posted on Oktober 5, 2011, in Berita Industri and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: