1.000 PLTS Untuk 1.000 Pulau Di Indonesia

JAKARTA – PT PLN (Persero) berencana untuk membangun 1.000 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Pulau-Pulau terisolasi di Indonesia. Pembangunan PLTS-PLTS tersebut memakan waktu selama 5 tahun dan akan di mulai tahun depan (2012), demikian diutarakan Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan disela-sela Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Kamis, (29/9/2011).

“PLN merencanakan akan membangun 1.000 PLTS dalam 3 tahun kedepan yang akan di mulai tahun depan…PLTS-PLTS tersebut akan di pasang pada 1.000 pulau,” tutur Dahlan.

Untuk merealisasikan rencanakan tersebut, PT PLN (Persero) telah membentuk Tim yang khusus dan jika pengembangan ini berhasil, lanjutnya, maka Indonesia dapat masuk ke dalam peta pengguna energi terbarukan dunia.

PT PLN (Persero) saat ini sedang menyelesaikan 100 PLTS, dimana 36 PLTS (8 MW) diantaranya sedang proses tender dan akan diselesaikan tahun ini dan sisanya sedang proses finalisasi tender. “Tahun ini separuh jadi ..selebihnya itu mungkin telatnya sedikit aja ..karena di proses tender saja, kalau proses pengerjaanya itu hanya hitungan bulan,” ujar Dahlan.

Mengenai biaya produksinya Dahlan manyatakan hampir sama dengan BBM dan nilai investasi pembangunan 100 PLTS tersebut sekitar 900 milyar. (SF)

 

*Sumber : http://www.esdm.go.id

Posted on Oktober 5, 2011, in Berita Industri and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: