Pentingnya Produksi Panel Surya Domestik

Baru-baru ini, perusahaan pabrikan panel surya di Amerika Serikat menyatakan kebangkrutan dan merumahkan 1100 karyawan setelah pinjaman yang disetujui Presidennya tidak mencukupi. Sementara itu, Jerman sebagai negara eksportir panel surya ke Afrika, baru-baru ini mengeluhkan betapa ekspor panel surya kini sangat berkurang dengan masuknya produk panel surya dari China yang amat sangat murah.

Pengamat energi di Amerika menyoroti minimnya dukungan pembiayaan dan subsidi pemerintah terhadap pabrikan, dibanding misalnya dukungan pemerintah China yang meliputi pinjaman berkali-kali lipat. Pemerintah China dalam program energi terbarukannya, mentargetkan untuk mencapai paritas grid listrik dari tenaga surya pada 2015 dengan menetapkan Feed in Tariff sebesar 1 Yuan / KwH atau US $ 0,15 / KwH. Dalam mendukung rencana induk ini, pemerintah China menggelontorkan dukungan kapital yang sangat besar bagi pabrikan-pabrikan domestik panel surya.

Sebenarnya seberapa pentingkah pengadaan panel surya dipasok dari pabrikan domestik?. Selain karena alasan lapangan pekerjaan dan harga Rupiah per KwH, perlu diingat bahwa energi surya adalah bersifat terbarukan. Sifatnya yang terbarukan menuntut pemeliharaan sarana yang teratur, sehingga skema keberlanjutan sangat relevan. Keberlanjutan dalam artian penguasaan teknologi dan produksi komponen-komponennya sebaiknya siap tersedia didalam negeri dan tidak tergantung impor.

Teknologi panel surya sendiri beragam. Pemerintah China yang telah menguasai teknologi crystalline menggenjot pemodalan untuk mempabrikasi teknologi ini secara besar-besaran, sementara pemerintah Amerika Serikat lebih pada mendistribusikan sebagian dana untuk lembaga riset agar menemukan teknologi terbaru panel surya. Hal ini mendapat kecaman dari pengamat energinya, yang mengkritisi rendahnya dukungan permodalan pemerintah Amerika bagi industri pabrikasi yang sudah ada.

(Siti Mariani)

*Sumber : http://www.den.go.id/index.php/news/readNews/198

Posted on September 10, 2011, in Berita Industri and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: