Nanopartikel emas dapat meningkatkan efisiensi sel surya organik

Peneliti dari University of California-Los Angeles USA, Chinese Academy of Sciences-China, dan Yamagata University-Jepang berhasil menemukan bahwa dengan menggabungkan nanopartikel emas dan fotovoltaik organik dapat meningkatkan daya efisiensi sel surya secara signifikan berkat efek plasmonic.

Organik fotovoltaik lebih tipis dan mempunyai potensi untuk diproduksi dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan sel surya konvensional berbahan silikon. Namun, penggunaannya secara luas masih terhalang salah satunya dengan daya efisiensinya yang masih lebih rendah.

                                              Struktur fotovoltaik tandem polimer (Sumber : ACS Nano)

Kolaborasi peneliti yang dipimpin oleh Prof. Yang Yang dari UCLA yang juga adalah direktur dari Nano Renewable Energy Center di California Nanosystem Institute UCLA mencoba memasukan nanopartikel emas diantara dua sel surya polimer dengan struktur seperti sandwich sehingga membentuk struktur sel surya tandem yang merupakan gabungan dua sel surya. Lapisan nanopartikel emas mampu meningkatkan efisiensi konversi sampai sebesar 20% dengan membentuk medan elektromagnetik yang kuat  didalam lapisan fotovoltaik organik melalui efek plasmonic. Efek plasmonic menyebabkan cahaya terkonsentrasi sehingga lebih banyak cahaya yang terabsorb oleh lapisan fotovoltaik organik.

Peningkatan efisiensi dari 5.22% menjadi 6.24% untuk sel surya tandem polimer berhasil dicapai hanya dengan menyisipkan lapisan nanopartikel emas diantara dua sel surya polimer. Struktur berlapis tersebut dapat diaplikasikan ke berbagai jenis polimer, membuka potensi untuk tercapainya sel surya multi-layer berefisiensi tinggi.

*Sumber : diterjemahkan bebas dari http://www.solarnovus.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3354:gold-nanoparticles-increase-polymer-tandem-solar-cell-efficiency&catid=52:applications-tech-research&Itemid=247                                                     

**Jurnal original :http://pubs.acs.org/doi/full/10.1021/nn202144b

Posted on Agustus 22, 2011, in Berita Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: